Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERTAHAP

Setiap sesuatu yang ada dan terjadi, tidaklah serta merta ada dan terjadi. Namun, dipastikan terjadi sebuah proses sebelumnya. Sebuah hasil tetap melalui proses hukum sebab akibat.  Selalu ada hal yang melatarbelakangi dan adanya tahapan.

Tahap Evaluasi Workshop Literasi Siswa

Sama halnya dengan menggali bakat dan minat atau potensi peserta didik untuk bisa berkarya dengan menulis. Demgan tahapan proses akan menemukan pilihan-pilihan yang diinginkan bersama. Karena tahapan proses itulah yang menjadi tolok ukir kemampuan masing-masing.

Secara bertahap dilakukan, baik koreksi dan evaluasi sehingga mampu menyerap dan memberi pemahaman. Sedikit demi sedikit dan tahap demi tahap adalah hal yang mesti menjadi budaya dalam sebuah proses pencarian menuju hasil yang diinginkan.

Sementara hal yang singkat dan instan hanya berlaku pada keinginan yang tidak mau proses panjang dan lama. Bahkan, tidak suka bertahap yang menguras banyak materi dan pikiran.

Mempelajari dunia literasi

Dalam hal dunia literasi, menulis terlihat sangat mudah dan gampang. Akan tetapi, tidak semuanya bisa menulis dengan baik dan benar. Maka, menulis itu butuh tahapan sampai menemukam jati diri dan karakter masing-masing.

Bertahap atau tahapan sangat diperlukan untuk mengukur hasil yang diinginkan. Meskipun hasil tersebut belum yang sempurna. Minimal usaha yang maksimal telah dilakukan sebagian bagian dari memberi tahapan. Sebab, tahapan itu sendiri akan mengajarkan bagaimana cara berpikir yang lebih luas lagi.

Dengan adanya evaluasi sebagai bagian dari tahapan, lambat laun imajinasi-imajinasi dan pikiran-pikiran akan terkuak pada pemahaman yang harus dimengerti dan dipelajari secara terus-menerus.

Foto-foto di atas adalah foto kegiatan tahap evaluasi dalam program "Literasi Siswa Gugus 03 Kecamatan Lenteng" yang dilaksanakan oleh KKG Gugus 03 kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut merupakan pembekalan lebih lanjut untuk memperbaiki proses menulis ke arah yang lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "BERTAHAP"