Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BACALAH... RAIH HADIAH

Betapa senangnya, bila kita mendapatkan hadiah. Betapa riang gembiranya, bila kita meraih hadiah. Seperti mengikuti undian berhadiah, lomba berhadiah, event-event berhadiah,  dan kejuaraan berhadiah. Bahkan kegiatan yang ada hadiahnya. Semua pasti akan senang, apalagi tak berbayar alias gratis.

Ilustrasi Mendapat Penghargaan (Doc. Pribadi)

Sebuah hadiah atau penghargaan memang sangat menarik dan menyenangkan serta menjadi sebuah cara untuk bisa menggaet peserta lebih banyak. Dengan adanya hadiah bagi para pemenang akan menjadikan sebuah ajang kejuaraan semakin meriah dan semarak.

Hadiahpun bisa menjadi cara bagaimana meningkatkan minat baca atau budaya membaca di kalangan pelajar. Tinggal bagaimana mengemas tempat-tempat baca, seperti perpustakaan, taman baca, pojok baca, dan di mana saja yang menjadi tempat kepustakaan dengan ajang berhadiah.

Bacalah... Raih hadiah, mungkin begitu kalimat pengumumannya yang dipajang di tempat atau media pengumuman. Selain membaca bisa mendapatkan hadiahnya. Bisa didapat dengan undian, gratis asal baca, dan cara-cara lainnya yang menarik. Hal ini tidak akan ribet atau sulit dilakukan. Karena tehnisnya mudah dan gampang dilakukan.

Di perpustakaan sekolah, bisa dikemas dengan sistem kupon. Setiap pembaca mendapat kupon undian berhadiah. Semakin sering membaca, semakin banyak kupon yang diperoleh. Kupon yang banyak berpeluang mendapatkan keberuntungan. Pihak sekolah menyediakan kupon melalui guru-guru atau petugas tersendiri di perpustakaan.

Ikustrasi Membaca (Doc. Pribadi)

Pada akhir semester pertama atau kedua, bisa dilakukan pengundian kupon untuk menetukan yang akan mendapatkan hadiah. Hadiah tidak harus mewah dan mahal. Cukuplah yang berupa atau berkaitan dengan pendidikan, seperti baju seragam, kaos seragam, tas, sepatu, alat tulis dan sebagainya.  Bisa juga undian dilakukan akhir tahun bersamaan dengan acara pelulusan atau perpisahan kelas akhir.

Tentu masih banyak cara-cara lain yang bisa meningkatkan minat membaca dan budaya membaca. Sementara cara di atas adalah bagian dari cara yang mungkin menarik dan menyenangkan para siswa untuk gemar membaca.

Dengan perkembangan tehnologi dan informasi di era globalisasi, tentunya persaingan sangat ketat dan tingkat ketertarikan pada buku bacaan dikalahkan oleh berbagai aplikasi-aplikasi. Fenomena ini tidak bisa dihindari, namun tidak harus dibiarkan begitu saja.

Buku masih menjadi yang penting dalam perkembangan ilmu dan pengetahuan. Buku masih tetap berlaku untuk siapa saja yang mau belajar dan terus belajar. Buku akan tersimpan sebagai referensi dan pedoman.

Membaca, tidak hanya yang berbentuk buku. Namun yang berbentuk lainnya bisa tetap dilakukan. Seperti membaca media informasi yang tersedia di berbagai tempat. Selamat membaca dan bacalah apa yang bisa dibaca meskipun satu huruf. 

Maaf, saat membaca tulisan ini, jangan berharap hadiah, karena penulisnya tidak menyediakan hadiah. Cukuplah didoakan semoga gemar membaca dan akhirnya menulis.

Edisi_Hadiah

2 komentar untuk "BACALAH... RAIH HADIAH"