Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Kita

Setiap yang memiliki kaki akan melangkah dengan langkahnya masing-masing. Entah itu hewan atau manusia. Semua langkah yang ada sesuai tujuan dan keinginan yang  dimiliki. Banyak jalan yang dilalui akan banyak langkah yang meninggalkan jejak.

Ilustrasi Langkah Kaki (Doc. Pribadi)

Ada banyak macam langkah yang bisa dilihat dari sisi semangat dan modelnya. Langkah tegap atau sigap yang identik dengan langkah pasti. Langkah ini bagian dari langkah yang berani dan pantang mundur. Ada langkah berat atau langkah yang ragu. Langkah ini seperti langkah penuh beban dan tekanan, sehingga gerakannya terasa keterpaksaan.

Langkah gontai, lemas, atau sempoyongan. Langkah seperti ini bukan tidak memiliki semangat melainkan mungkin hanya kelelahan atau letih. Namun, bisa jadi karena ada pengaruh minuman yang melebihi dosis alkoholnya.

Ada juga langkah tertatih-tatih, terhuyung-huyung, atau sulit sekali melangkah. Langkah yang seperti ini bisa jadi karena sakit atau sebelumnya terkena musibah semacam kecelakaan. Bahkan,  untuk bisa melangkah harus dibantu dengan alat atau benda.

Langkah-langkah di atas sebagian dari macam-macam langkah yang sering terjadi dan dialami oleh kita semua. Langkah yang beragam menunjukkan bahwa langkah itu memiliki jalan dan tujuan masing-masing.

Sebenarnya langkah kita tidak hanya bertumpu pada gerak kedua kaki bagi manusia. Pun bisa lebih dari dua kaki bagi selain manusia, yakni hewan. Karena langkah bisa juga berupa tindakan yang berangkat dari pemikiran. Langkahpun bisa menjadi sebuah harapan sebagai solusi dan penyelesaian segala macam persoalan.

Maka, langkah kita tidaklah sebatas kemampuan kaki bergerak atau digerakkan. Tetapi juga bagaimana kemampuan akal pikiran bahkan hati nurani serta naluri menjadi langkah-langkah yang lurus dan selalu berada di koridor yang baik.

Sembarangan melangkah, akan terjebak pada posisi terjerumus atau salah. Sembarangan pula memberi langkah, akan membuat harapan tidak terwujud dan bisa kacau bahkan berantakan.

Sejatinya, langkah yang matang yang harus kita miliki semua. Sebab, dengan kematangan akan menumbuhkan kedewasaan dan kehati-hatian dalam melangkah. Maka, matangkan pikiran dan pengetahuan yang dimiliki, sehingga langkah akan menjadi sebuah solusi.


Edisi_LangkahItuSolusi

Posting Komentar untuk "Langkah Kita"