Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TETAPLAH BELAJAR

Kita sering mendengar ungkapan-ungkapan tentang bagaimana kewajiban belajar tidak harus ada jeda atau berhenti dalam menuntutnya. Begitu istimewanya tuntutan belajar, sehingga harus dicari sampai akhir hayat. Seperti halnya dengan ungkapan "Menuntut ilmu dari sejak masih buaian hingga liang lahat."

Kegiatan Belajar Mengajar (Doc. Pribadi)

Menuntut ilmu atau belajar tidak memandang harus di mana dan ke mana. Ke mana saja bisa dilakukan selama ada ilmu dan pengetahuan di dalamnya. Tempat yang dekat dan yang jauh tidak ada perbedaan. Tempat yang sederhana dan yang mewah tetaplah sama-sama untuk belajar.

Belajar di dalam dan luar kelas hanyalah variasi dalam pembelajaran. Ketika di kelas terasa jenuh, maka di luar kelas menjadi alternatif yang solutif. Belajar disesuaikan dengan situasi dan kondisi kenyamanan, bahkan harus menyenangkan.

Berbeda dengan cara menyiasati tempat belajar. Ketika keamanan dan kenyamanan dalam kelas tidak terjamin, maka di luar kelas menjadi tempat yang tepat melangsungkan kegiatan belajar mengajar.

Gedung sekolah yang mulai keropos konstruksinya, temboknyapun mulai penuh garis-garis keretakan, dan penyanggah-pemyanggah banyak yang rontok. Maka, hal ini tidak bisa dipaksakan untuk dijadikan tempat belajar mengajar.

Solusi alternatif tempat harus dimaksimalkan dan diusahakan dengan penuh harapan. Seperti memanfaatkan ruang-ruang yang masih utuh dan kuat. Memanfaatkan tempat yang sekiranya bisa terhindar dari hujan dan panas. Tentu dengan seperti itu sambil berharap adanya bantuan dari pihak terkait untuk perbaikan.

Dengan adanya laporan bahwa kondisi memprihatinkan dan permohonan untuk mendapatkan prioritas bantuan akan mempercepat proses perbaikan. Namun, apabila hal ini diabaikan akan menjadikan kerusakan semakin parah dan merembet pada keseluruhan ruang yang ada.

Semoga gambar kegiatan belajar mengajar di atas yang menempati tempat parkir sepeda SDN Moncek Barat Lenteng Sumenep menjadi bukti bahwa pembelajaran masih tetap berlangsung dan menjadi perhatian kepada para pemangku kebijakan akan perbaikan gedung sekolah yang mulai rusak. 

Edisi_BerharapRehab

2 komentar untuk "TETAPLAH BELAJAR"

  1. Keamanan dan kenyamanan dalam kegiatan apapun mesti diutamakan termasuk di dalamnya dalam kegiatan pembelajaran.

    Saya pernah membaca tulisan Buket KB bahwa dalam keadaan kondisi ketidakmanan pada saat pandemi covid kegiatan pembelajaran di berlangsungkan di gudang tembakau. Ternyata asik juga keberlangsungannya.

    BalasHapus