Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUDIK LAUT

Suasana Transportasi Laut di Dermaga. (Doc. Pribadi)

Setiap menjelang hari raya, selalu ada suasana yang hiruk-pikuk, ramai sekali, dan berdesakan. Hal seperti itu pasti bisa dilihat di berbagai tempat, yakni stasiun, terminal, dermaga/pelabuhan, dan bandara. 

Sebagai himbauan sebelum menggunakan transportasi, baik darat, laut, dan udara diharapkan selalu mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Persiapan itu meliputi administrasi diri, kesehatan, mental, dan perlengkapan, serta lainnya. Bila sudah lengkap semua, maka lega dan leluasa menikmati perjalanan tanpa ada beban pikiran yang memberatkan oleh kelalaian sendiri.

Mudik itu memang asyik dan unik bahkan menggembirakan, karena sudah menjadi tradisi dan budaya bangsa Indonesia dari tahun ke tahun. Mudik darat, mudik laut, dan mudik udara  setiap tahun selalu menjadi agenda penting menjelang lebaran dan setelahnya.

Semangat mudik yang mengharu-biru, tentu tidak luput dari sebuah luapan emosi yang terbangun dari nurani, naluri, dan perasaan. Paling utamanya luapan tersebut adalah luapan rindu serindu-rindunya pada kampung halaman masing-masing yang sudah sekian lama ditinggalkan.

Merantau menjauh dari daerah sendiri hanya demi keadaan diri dan keinginan tinggi untuk keluarga harapan ke depan. Momentum lebaran dalam setahun sekali dijadikan tradisi dan budaya bagaimana meluapkan rindu. Mengobati rindu yang menumpuk oleh ruang dan waktu.

Mudik laut, mudiknya orang-orang dari pulau ke pulau yang perjalanannya melalui laut luas nusantara. Dari kapal satu ke kapal lainnya. Dermaga ke dermaga tempat berlabuh dan melepas sauh.

Demi lebaran untuk sebuah maaf dan ampunan dari keluarga, kerabat, tetangga, dan teman di kampung halaman. Mengejar hari kemenangan dengan maaf tanpa batas. Akhirnya, selamat mudik ria, selamat sampai tujuan. Raih kemenangan hari raya dengan rindu dan cinta.

Penulispun turut berucap, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon Maaf Lahir Batin. Semoga Hari Raya bukan hanya ajang pamer gaya, busana, dan harta. Namun, ajang memenangkan diri pada tujuan berpuasa dan berhari raya.


Edisi_MudikLaut

Posting Komentar untuk "MUDIK LAUT"